Lotus Birth .. Kelahiran yang Tidak Menggunting Tali Pusat ?


Sebarkan Di Facebook Teman  - Buat bunda-bunda yang sedang hamil, ataupun ada saudara, anak perempuannya, atau ada keluarga yang sedang menunggu proses kelahiran, semoga info ini bisa bermanfaat. Info tentang Lotus Birth. Apa itu? Ini penjelasannya...

Hari ini saya ingin bagikan artikel tentang Lotus Birth, pasti banyak yang belum pernah mendengar tentangnya ... ini ada sedikit info yang dapat saya berikan tentang metode kelahiran ini.



Apa itu Lotus Birth? Lotus Birth berbeda dengan metode kelahiran yang biasa, karena tali pusat akan dipotong sebaik saja ia berhenti berdenyut. Kemudian plasenta (uri) akan dibersihkan dan ditanam namun dalam Lotus Birth, tali pusat tidak dipotong, dan dibiarkan terhubung antara bayi dan plasenta hingga ia tercabut dengan sendirinya.

Ironisnya dalam Lotus Birth ini adalah plasenta telah memberi manfaat kepada bayi selama 9 bulan ketika bayi dalam kandungan, maka ia dapat terus memberikan manfaat kepada bayi setelah kelahiran. Praktisi Lotus Birth percaya bahwa dengan metode ini, bayi tidak membutuhkan imunisasi tambahan, karena plasenta memberi cukup pasokan antibodi danimunisasi yang dibutuhkan oleh bayi.


 Metode Lotus Birth:
  • Plasenta atau uri dibiarkan menempel bersama tali pusat dan bayi.
  • Plasenta atau uri dimasukkan ke dalam mangkuk yang bersih.
  • Tunggu sampai tali pusat bayi berhenti berdenyut.
  • Plasenta dicuci dengan hati-hati.
  • Keringkan plasenta dan pastikan ada ventilasi agar ia cepat kering.
  • Dapat menggunakan bunga-bungaan atau herbal untuk menghindari bau yang tidak menyenangkan dari plasenta.
  • Pastikan talipusat bayi dan plasenta selalu dalam keadaan kering.
  • Bayi dikelola seperti biasa dengan talipusat masih melekat pada tubuhnya.
  • Biasanya setelah seminggu talipusat akan tertanggal dan plasenta dapat dikelola seperti biasa; tanam dan sebagainya.
Lotus Birth dikatakan ada dalam ajaran Buddha, mungkin ada kaitan dengan kelahiran Siddhartha Gautama yang dapat berjalan sebaik saja lahir, dan setiap langkahnya menghasilkan bunga teratai.

Di dalam Islam, uri diharuskan ditanam setelah dibersihkan dengan baik sebagai tanda penghormatan terhadapnya. Negara Amerika merupakan negara perintis Lotus Birth ini, dan diperjelaskan bahawaLotus Birth ini sebagai langkah pencegahan untuk melindungi bayi dari infeksi lukayang terbuka.

Meskipun agak baru di Malaysia, Budaya tidak memotong talipusat ini telah lama dipraktekkan dalam budaya Bali dan budaya orang asli. Bali memiliki berbagai tradisi dan ritual mengenai proses kelahiran. Setiap kelahiran membawa cerita yang baru dan berbeda untuk dijadikan sebuah pelajaran. Setiap wanita menyanyikan lagu kelahiran sendiri untuk bayinya. Ada banyak kegembiraan dan perayaan pada saat kelahiran.

Antara beberapa alasan mengapa ibu-ibu memilih untuk melahirkan secara Lotus Birth?
  1. Tidak ada keinginan ibu untuk memisahkan plasenta dari bayi dengan cara memotong tali pusat
  2. Supaya proses transisi bayi terjadi secara sapi, yang memungkinkan penolong persalinan untuk memotong tali pusat pada waktu yang tepat.
  3. Merupakan suatu penghormatan terhadap bayi dan plasenta.
  4. 100% memastikan bahwa bayi mendapatkan konten darah optimal dan spesifik yang diperlukan bagi bayi.
  5. Mendorong ibu untuk menenangkan diri pada minggu pertama setelah melahirkan sebagai masa pemulihan sehingga bayi mendapat perhatian penuh.
  6. Mengurangi kematian bayi karena pengunjung yang ingin bertemu bayi. Sebagian besar pengunjung akan lebih memilih untuk menunggu hingga plasenta telah lepas.
  7. Alasan rohani atau emosional.
  8. Tradisi budaya yang harus dilakukan.
  9. Tidak khawatir tentang bagaimana mengklem, memotong atau mengikat tali pusat.
  10. Kemungkinan menurunkan risiko infeksi (Lotus birth memastikan sistem tertutup antara plasenta, tali pusat, dan bayi sehingga tidak ada luka terbuka)
  11. Kemungkinan menurunkan waktu penyembuhan luka pada perut (adanya luka membutuhkan waktu untuk penyembuhan.sedangkan jika tidak ada luka, waktu penyembuhan akan minimal)
Hanya karena tali pusat telah berhenti berdenyut tidak berarti tali pusat menjadi tidak berguna lagi. Tali pusat dapat terus berdenyut sekitar 2 sampai 3 jam.

Apapun sebabnya untuk mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dalam sesuatu tindakan, lihat lah kepada ahli dlm bidang tertentu atau sebagai cadangan. Dapatkan rekomendasi dari pihak-pihak yang lebih tahu tentang hal ini ..

Anda dapat membaca referensi lanjut tentang lotus birth ini di sini atau Anda juga bisa baca apa itu lotus birth
Apa-apa pun, kemitraan kami tentang Lotus Birth ini adalah untuk menambah pengetahuan Anda.

--------------------

Artikel ini kami angkat dan kami translate ke bahasa Indonesia agar bisa dipahami... Untuk artikel aslinya bisa Anda baca DISINI

Semoga bermanfaat ya Bund....

Dapatkan Update dan kabar Terbaru Dari @Sebarkanlah melalui Inbox Email Anda. Silahkan Masukkan Email Anda Gratis, Dan Kabar Dari Kami Akan langsung berada di Inbox Email Anda - Jangan Lupa Konfirmasi dan Check Email Anda untuk Verifikasi Anda berlangganan Berita Dari Kami Sebarkanlaha Secara Gratis. Follow Kami Di Facebook | Twitter | Google+

0 Response to "Lotus Birth .. Kelahiran yang Tidak Menggunting Tali Pusat ? "

Posting Komentar