Anak Malas Bangun Shubuh? Ikuti Tips Berikut ( Orang Tua Wajib Ngerti )


DuSebarkan Di Facebook Teman - Shalat tepat waktu apalagi dilaksanakan secara berjama’ah memang memiliki keutamaan tersendiri. Namun, hal ini sepertinya menjadi tantangan bagi kaum Muslim, khususnya di waktu Shubuh. Bangun saat adzan berkumandang bahkan sebelumnya masih menjadi hal yang sulit dilakukan sebagian orang apalagi oleh anak-anak.

Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai baik seperti shalat shubuh di awal waktu ini perlu dilakukan sejak dini, sehingga ketika memasuki usia baligh mereka telah terbiasa melakukannya bahkan menjadi sesuatu yang ringan.

Lalu bagaimana agar anak bisa bangun shubuh tepat waktu? Berikut tipsnya :

Anak sebaiknya tidur tidak terlalu malam

Bagi anak yang sudah sekolah, sebaiknya anak selepas maghrib segera menyiapkan buku, mengaji, belajar dan segera tidur. Idealnya anak tidur tidak terlalu malam agar keesokan paginya mudah untuk di bangunkan.

Rasulullah SAW pun tidak duka begadang, agar dapat shalat malam: Ibnu Baththol menjelaskan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka begadang setelah shalat ‘Isya karena beliau sangat ingin melaksanakan shalat malam dan khawatir jika sampai luput dari shalat shubuh berjama’ah.”

Memberikan pemahaman pada anak akan keutamaan bangun pagi

Berikut ini hadits mengenai sholat shubuh yang dapat disampaikan kepada anak untuk menumbuhkan motivasi dalam diri anak: “Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri.”(H.R. Muslim:1049).

“Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada sholat subuh dan isya.  Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka mendatangi (masjid tempat) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak.” (Al-Bukhori:617)

Mengajarkan Anak Menjaga adab tidur

Sebelum tidur, ajarkan anak untuk wudlu, membaca doa termasuk berdoa dan membaca surat  Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan ayat kursi. Hal ini akan membantu anak tidur lebih tenang dan insya Allah lebih mudah bangun di waktu subuh.

Lakukan Hypnosleep ( semacam ‘hipnotis’ sebelum tidur)

Makna hipnotis disini bukan hipnotis yang sebenarnya, melainkan semacam mendoktrin anak dengan bisikan kata-kata sugestif sebelum tidur seperti ini: “Besok adik pasti bisa bangun pagi saat adzan shubuh”.

Setel alarm

Gunakan alat-alat pengingat seperti jam meja dan jelaskan kepada anak bahwa saat alarm berbunyi itu tandanya anak harus segera bersiap-siap bangun.

Jangan tempatkan TV di kamar anak

Usahakan agar TV tidak diletakkan di kamar anak untuk menghindari anak keasikan menonton TV sehingga tidur terlalu malam.

Setiap orang tua muslim pasti menginginkan anaknya rajin bangun pagi untuk mengerjakan sholat shubuh tepat waktu dan jika memungkinkan ikut sang ayah berjamaah di masjid. Semoga tips agar anak mudah bangun saat shubuh ini bermanfaat untuk mewujudkannya.
Sumber : akhwatindonesia.net

Dapatkan Update dan kabar Terbaru Dari @Sebarkanlah melalui Inbox Email Anda. Silahkan Masukkan Email Anda Gratis, Dan Kabar Dari Kami Akan langsung berada di Inbox Email Anda - Jangan Lupa Konfirmasi dan Check Email Anda untuk Verifikasi Anda berlangganan Berita Dari Kami Sebarkanlaha Secara Gratis. Follow Kami Di Facebook | Twitter | Google+

0 Response to "Anak Malas Bangun Shubuh? Ikuti Tips Berikut ( Orang Tua Wajib Ngerti )"

Posting Komentar